Apa itu IOT ? Pengertian, Manfaat, Prinsip, Cara Kerja IOT - Makinrajin Blog (2023)

Alexandromeo Lawrence Follow “If I only had an hour to chop down a tree, I would spend the first 45 minutes sharpening my axe.” – Abraham Lincoln.

5 min read

Dunia ini masih belum terlalu canggih karena banyak sekali hal yang masih dilakukan secara manual.

Itu sebabnya banyak aktivitas yang tidak dikerjakan. Alasannya cukup sepele seperti lupa ataupun tidak sempat. Padahal aktivitas tersebut ya cukup ringan jika dilakukan, seperti mengunci pintu,dll.

Mereka sering sekali meninggalkan hal sepele yang berakibat fatal seperti mengunci pintu.

Apa itu IOT ? Pengertian, Manfaat, Prinsip, Cara Kerja IOT - Makinrajin Blog (2)

Anda tidak ingin kan seperti mereka yang melalaikan hal yang cukup penting dan krusial ?

Itu sebabnya Anda harus memahami apa itu IOT yang dibahas dengan sajian yang cukup menggetarkan dibahas di dalam artikel ini…

Daftar Isi

Apa itu IOT ? Pengertian IOT

Internet of Things atau yang sering kita sebut IOT adalah sebuah konsep yang memiliki tujuan memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.

Melalui internet kita bisa melakukan berbagi data, remote control, dan berbagai hal.­

(Video) Internet of Things (IoT) | Apa itu IoT | Cara Kerja | IoT Dijelaskan | Edureka

Sebenarnya konsep dari apa itu IOT sendiri sangat mudah dipahami oleh setiap orang. Karena sebelumnya saya belum paham sekali mengenai IOT, namun setelah membaca dari beberapa sumber akhirnya saya sendiri dapat memahaminya dengan baik.

Cara Kerja IOT

Saya akan memberikan gambaran mengenai IOT sendiri. Sebagai contoh, suatu saat kita pasti pernah lupa terhadap sesuatu yang sangat penting. Seperti lupa mengunci pintu rumah kita, sedangkan kita sedang berada di luar rumah kita.

Logika untuk manfaat apa itu IOT dalam mengunci pintu begini…

Kita mengirim pesan melalui smartphone->diterima perangkat IOT->perangkat IOT memberikan perintah untuk modul selonoid doorlock/servo->kunci bergerak->pintu terkunci.

Apa itu IOT ? Pengertian, Manfaat, Prinsip, Cara Kerja IOT - Makinrajin Blog (3)

Nah, dengan bantuan IOT ini kita bisa mengatasi masalah tersebut dengan sangat-sangat mudah. Kita hanya mengirimkan suatu perintah dari smartphone kita, agar pintu rumah tersebut dapat terkunci, sehingga masalah terselesaikan.

IOT sendiri tidak hanya diperuntukan untuk smartphone saja. HP jadul juga bisa digunakan untuk mengendalikan IOT yaitu via SMS. IOT juga tidak hanya menyelesaikan masalah yang saya ceritakan tadi.

Tapi dengan IOT kita juga bisa mengatasi banyak masalah lainya seperti menghitung banyak pengunjung yang berkunjung ke toko kita, menghitung banyak ikan yang sudah ditangkap oleh nelayan, membuat alarm rumah, membuat Smart Home (Rumah Pintar), dan masih banyak lagi.

Prinsip IOT

Nah IOT bekerja dengan menerjemahkan bahasa pemrograman yang sudah kita masukkan kedalam alat dari IOT tersebut. Alat tersebut juga bisa dikenal sebagai Mikrokontroller. Sudah paham kan apa itu IOT ?

Ada banyak jenis mikrokontroller di zaman sekarang. Seperti Arduino Uno R3, Raspberry Pi, Intel Galileo, dan lain sebagainya.

Masing-masing mikrokontroller pasti memiliki tingkat kecerdasan masing-masing. Tentunya harganya juga bervariasi, sebanding dengan tingkat kecerdasanya. Kalau Anda ingin tingkat kecerdasan yang cukup mumpuni, Anda bisa membeli Raspberry Pi yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Namun dengan harga tersebut, sangat setara dengan tingkat kecerdasan yang diperoleh. Namun jika anda masih pemula dan masih ingin coba-coba, saya sarankan untuk menggunakan mikrokontroller Arduino saja.

Karena disamping harganya yang berbanding terbalik dengan Raspberry Pi, dengan Arduino kita sudah bisa melakukan banyak hal seperti yang saya ceritakan diatas tadi.

Arduino sudah dapat kita beli di Indonesia. Saya juga membelinya lewat online sekitar 150-300 ribu. Namun harga tersebut belum termasuk modul-modul pendukungnya.

Apa itu IOT ? Pengertian, Manfaat, Prinsip, Cara Kerja IOT - Makinrajin Blog (4)

Tapi tenang, sekarang sudah banyak yang menjual satu paket mikrokontroller beserta modul-modulnya bagi pemula dengan harga yang tidak begitu mahal, dibawah Rp 350.000.

(Video) Arsitektur IoT | Arsitektur Internet Of Things Untuk Pemula | Tutorial IoT | Sederhanabelajar

Karena saya menggunakan mikrokontroller Arduino, jadi yang kita bahas adalah sekitar Arduino saja. Arduino sendiri menggunakan bahasa pemrograman C.

Dimana bahasa pemrograman ini cukup mudah dipahami. Saya sendiri menggunakan Arduino Uno R3.

Sebenarnya ada banyak jenis dari Arduino sendiri seperti Nano, Pro, Intel Galieo, dan lainnya. Namun semuanya tidak berbeda jauh. Jadi, sudah ada gambaran ya tentang apa itu IOT ?

Bahasa pemrograman dari Arduino lebih mudah darpada bahasa pemrograman dari Raspberry Pi, karena Raspberry menggunakan bahasa phyton dimana bahasa phyton memerlukan tingkat ketelitian yang lebih tinggi.

Rekomendasi Perangkat IOT

Itu yang menjadi alasan saya lebih memilih menggunakan Arduino.

Arduino juga memiliki banyak komunitas baik dunia maupun Indonesia. Jadi jika kita masih kebingungan dengan Arduino, kita bisa bertanya-tanya.

Untuk membuat sebuah IOT, kita tentu memerlukan perantara untuk menghubungkan kita dengan mikrokontroller kita. Disini kita menggunakan sebuah perantara yang bisa disebut dengan API atau Application Programming Interface.

API tersebut dapat memudahkan kita sebagai programmer dalam mengendalikan mikrokontroller IOT yang kita miliki. Salah satu keuntungan menggunakan API sendiri adalah kita dapat dengan mudah mengembangkan projek kita.

Sudah mengerti apa itu IOT ? Pasti sudah ada gambarannya ya…

Ada banyak API yang ada di jaman sekarang. Seperti Agnosthings, Evothings, Telegram, Blynk, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak API, yang paing mudah untuk para pemula adalah Telegram dan Agnosthings.

Manfaat IOT

Sebenarnya manfaat IOT itu sangat banyak. Pada dasarnya, IOT itu bertujuan untuk memudahkan kegiatan manusia. Jadi, manfaat IOT ya yang berhubungan dengan kegiatan manusia.

Apa itu IOT ? Pengertian, Manfaat, Prinsip, Cara Kerja IOT - Makinrajin Blog (5)

Saya akan menjelaskan sedikit tentang konsep kerja dari API tersebut. Dimana disetiap API pasti disertakan sebuah akses masuk. Akses masuk tersebut berupa Token Key.

Akses masuk tersebut hanya boleh diketahui oleh seorang programmer, karena jika orang lain mengetahuinya, maka perangkat IOT kita dapat dengan mudah diprogram ulang oleh orang lain yang bukan semestinya.

Nah, perangkat IOT tadi akan diprogram sedemikian rupa agar dapat mengakses API tersebut secara berkala. Sebagai contoh, ada projek mengenai pemantau suhu melalui API Telegram.

(Video) Cara kerja 5G dan apa yang dihasilkannya

Nah pemantau suhu tadi, sudah diberikan akses masuk atau Token Key agar dapat bertukar informasi dengan Admin atau kita secara berkala.

Jadi pemantau suhu tersebut akan melakukan pembaruan informasi mengenai suhu yang ia deteksi. Kemudian informasi tersebut dikirim ke database dari API tersebut.

Lalu jika kita selaku admin ingin melihat update informasi terbarunya, kita akan memberikan perintah khusus guna menampilkan informasi yang kita inginkan.

Pentingnya Konektivitas Internet

Jadi intinya konektivitas sangat berpengaruh dalam hal ini. Jika koneksi agak buruk, maka informasi yang diberikan dari perangkat IOT ke kita juga kurang memuaskan.

Jadi seperti itulah sedikit gambaran mengenai konsep kerjannya. Sebenarnya untuk belajar mengenai IOT sendiri, tidak harus memiliki mikrokontroller terlebih dahulu.

Saat ini kita sudah dapat terbantu dengan yang namanya circuits.io. Circuits.io adalah sebuah website yang menyediakan simulasi dalam memrogram Arduino. Di dalamnya juga sudah terisi beberapa modul pendukung dari Arduino tersebut.

Jadi kita tidak perlu repot-repot membeli dulu. Kita dapat langsung belajar tanpa harus memiliki Arduino. Dalam memrogram Arduino sendiri, kita tidak perlu mahir sekali dalam pemrograman.

Orang yang masih asing terhadap bahasa pemrograman saja, tetap bisa memrogram Arduino. Intinya yang kita perlukan saat belajar suatu bahasa pemrograman adalah logika. Wah, tidak perlu bisa mahir bahasa pemrograman saja Anda sudah bisa membuat perangkat IOT.

Apa itu IOT ? Pengertian, Manfaat, Prinsip, Cara Kerja IOT - Makinrajin Blog (6)

Karena perangkat yang dapat diprogram itu memiliki kecerdasan hampir seperti otak kita. Dia juga menggunakan logika dalam melakukan suatu perintah.

Dalam pembelajaran IOT ini, kita hanya menggunakan satu bahasa saja, yaitu bahasa C. Untuk anda yang belum paham sekali mengenai bahasa C, saya akan mengajarkan kalian dari awal sampai anda mahir dalam membuat IOT.

Pentingnya Bahasa Pemrograman dalam Membuat IOT

Walaupun, dalam IOT yang akan kita bahas selanjutnya, juga kadang disisipi beberapa bahasa pemrograman seperti Java dan PHP.

Namun, itu hanya pendukung saja. Intinya tetap di bahasa C. IOT sendiri juga dapat dikombinasikan dengan aplikasi android. Di mana aplikasi android tersebut dapat kita buat dengan sangat mudah.

Dalam pembelajaran IOT ini, kita mungkin hanya mengkombinasikan dengan perangkat android saja. Karena di jaman sekarang, hampir semua orang sudah memiliki smartphone android.

Banyak sekali orang yang memakai android dikarenakan android memiliki kelebihan yang cukup banyak jika dibandingkan dengan iPhone.

Dengan IOT kita juga bisa menghasilkan uang. Kita bisa menjual beberapa projek kita kepada orang lain. IOT dijaman sekarang mulai banyak peminatnya. Makanya tidak ada ruginya jika kita belajar mengenai IOT.

Selain itu, saya juga memiliki beberapa projek kecil mengenai IOT yang insya Allah akan saya ajarkan sampai tuntas.Namun perlu di ingat, kita hanya akan membahas satu perangkat IOT saja yaitu Arduino.

Apa itu IOT ? Pengertian, Manfaat, Prinsip, Cara Kerja IOT - Makinrajin Blog (7)

Jadi pembelajaran di atas hanya khusus Arduino saja. Disamping itu, saya juga akan memberikan informasi mengenai total biaya dan toko penjual yang murah dan diperlukan dalam masing-masing projek yang akan kita ciptakan.

Perangkat IOT Yang Baik :

Jadi, Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan harga dan dimana kita harus membeli komponen yang kita perlukan. Anda bisa membeli perangkat-perangkatnya melalui link ini yang menjual dengan ekonomis dan tidak mahal melalui link di bawah ini…

Baca Juga: Contoh Program Kalkulator Menggunakan C++

Anda tidak perlu pusing-pusing mencari di mana penjual IOT dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik. Pastinya Anda ingin kegiatan Anda lebih efektif dan efisien kan ?

Sebaiknya, segeralah Anda membeli perangkat IOT kecuali jika Anda ingin kegiatan Anda tidak kunjung selesai, bahkan tidak Anda kerjakan.

Kesimpulannya, IOT adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk mempermudah kegiatan manusia (lupa mengunci pintu,dll) dengan media internet.

Pada dasarnya, dengan bantuan IOT, kegiatan manusia menjadi sangat terbantu.Namun sebelum itu, Anda bisa membeli perangkat kerasnya di sini.Semoga sajian kali ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar pemrograman maupun IOT.

Pertanyaan yang Sering Diajukan?

FAQs

Apa itu IoT dan bagaimana cara kerjanya? ›

Sederhananya, IoT bekerja dengan memanfaatkan instruksi pemrograman yang setiap perintahnya bisa menghasilkan interaksi ke sesama perangkat terhubung secara otomatis tanpa adanya intervensi pengguna, bahkan dalam jarak jauh sekali pun.

Apakah yang dimaksud dengan Internet of Things dan apa manfaatnya? ›

Pengertian Internet Of Things

Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

Apa manfaat IoT? ›

Manfaat Internet of Things

IoT dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan mengotomatisasikan segala tindakan. Contohnya, IoT memungkinkan adanya sensor pendeteksi kerusakan pada mobil. Informasi kerusakan mobil akan langsung diterima oleh pabrik.

Dari beberapa peralatan berikut manakah peralatan yang memanfaatkan teknologi internet of things? ›

Contoh Perangkat IoT

Perangkat IoT pada dasarnya meliputi laptop, smartphone, smart gadget, smartwatch, dan banyak lagi.

Apa yang dimaksud dengan Internet of Things? ›

Internet of things merupakan sebuah konsep di mana suatu benda atau objek ditanamkan teknologi-teknologi seperti sensor dan software dengan tujuan untuk berkomunikasi, mengendalikan, menghubungkan, dan bertukar data melalui perangkat lain selama masih terhubung ke internet.

Apa saja contoh IoT? ›

Contoh Internet of Things
  1. Smart home. Smart home merupakan salah satu contoh Internet of Things yang menghubungkan perangkat elektronik, seperti lampu, kipas angin, AC, dan perangkat lainnya melalui internet. ...
  2. 2. Smart city. ...
  3. Perangkat elektronik (wearables) ...
  4. 4. Sistem keamanan biometrik. ...
  5. Mobil pintar.
11 May 2022

Jelaskan makna Internet of Things dan berikan contohnya apa makna a things dalam IoT? ›

Singkatnya, Internet of things adalah semua perangkat dan benda yang melakukan transfer dan juga transmisi data melalui jaringan wireless dan internet. Saat ini banyak perangkat IoT yang bisa Anda temui pada kehidupan sehari-hari. Handphone dan komputer Anda adalah salah satu contohnya.

Apa yang dimaksud dengan IoT dan Ai? ›

IoT adalah teknologi yang membantu kita menata kembali kehidupan sehari-hari, tetapi kecerdasan buatan (AI) adalah kekuatan pendorong nyata di balik potensi penuh IoT.

Internet of Things memiliki 4 unsur manakah dari unsur unsur berikut yang merupakan 4 unsur IoT? ›

Keempat unsur dalam Internet of Things (IoT) adalah sebagai berikut:
  • Sensor. Sensor adalah salah satu bagian utama dari mesin Internet of Things (IoT). ...
  • Konektivitas. ...
  • Pengolahan data. ...
  • 4. Antarmuka Pengguna (UI)
13 Sept 2021

Bagaimana sejarah IoT jelaskan? ›

Hasil dari penelitian adalah sejarah awal mula IoT pada tahun 2009 oleh Kevin Ashton dengan melakukan penelitian tentang komunikasi antara Machine to Machine (M2M). Ide dasar dari IoT adalah menghubungkan beberapa perangkat dan bertukar data dengan perangkat lainnya dalam satu jaringan.

Apakah konsep IoT dapat berjalan dalam kehidupan sehari hari? ›

Meskipun tidak semua orang bisa mendapatkan teknologi ini, namun sambungan listrik pintar menjadi contoh penerapan internet of things dalam kehidupan sehari-hari. Hanya melalui monitor di gadget seperti smartphone, maka pengguna dapat mengontrol seluruh sambungan listrik di rumah.

Apakah komponen utama dari IoT? ›

5 Komponen Utama dalam Internet of Things (IoT)
  1. Komponen Penginderaan (Sensing) dan Tertanam (Embed) Ekosistem IoT dan membentuk tulang punggung seluruh jaringan Internet of Things. ...
  2. Konektivitas. ...
  3. 3. IoT Cloud. ...
  4. 4. Analytic dan Manajemen Data IoT. ...
  5. Perangkat End-User dan User Interface.

Mengapa teknologi IoT dianggap penting untuk dipelajari jelaskan? ›

Mengapa Internet of Things itu penting? Internet of Things penting karena ia menyediakan data yang sebelumnya tidak dapat digunakan. Aplikasi IoT memasuki data perangkat dan memungkinkan Anda untuk memvisualisasi, menjelajahi, dan membangun analisis yang canggih seperti pembelajaran mesin di awan (cloud).

Bagaimana prinsip kerja IoT pada sektor pertanian? ›

Prinsip kerja IoT pada sektor pertanian

Penerapan Internet of Thing (IoT) pada pertanian dapat berupa teknologi sensor untuk penggunaan air, sensor untuk mendeteksi serangan hama, dan juga sensor yang mengetahui emisi lingkungan. Dengan penerapan tersebut hasil pertanian dapat meningkat dengan pesat dan akurat.

Apa saja kemampuan dari IoT? ›

IoT adalah konsep teknologi yang memudahkan kita untuk terhubung ke berbagai perangkat dan komunikasi, mengontrol, dan bertukar data melalui internet, misalnya, mobil, rumah pintar, dll. Big data adalah salah satu bukti nyata dari IoT yang digunakan untuk mengurangi biaya perawatan dan memantau kesehatan aset serta ...

Apa manfaat IoT dalam dunia industri dan kedokteran? ›

Untuk industri perawatan kesehatan, penerapan teknologi IoT meningkatkan kualitas, meminimalisir biaya, dan menyediakan akses pelayanan ke pasien yang lebih besar. Jaringan perangkat terhubung yang mengumpulkan, merekam, dan menganalisis data pasien dapat membantu diagnosis pasien, dan bahkan pencegahan penyakit.

Bagaimana menurut anda implementasi IoT dalam bidang pendidikan? ›

Di bidang pendidikan IoT memiliki peran yang penting untuk membantu organisasi dalam memantau dan mengontrol aktivitas pendidikan. Seperti beberapa kegiatan yakni untuk mengontrol pintu masuk dan keluar, memantau akses di perpustakaan, dan membantu memantau kehadiran mahasiswa dan staff.

Bagaimana penerapan dari Internet of Things di Indonesia? ›

Penerapan Internet Of Things di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti smart city, smart public transportation system, digital payment, manufaktur dan retil, logistik atau semacamnya.

Sebutkan dan jelaskan komponen apa saja yang dibutuhkan dalam membangun IoT? ›

Namun secara mendasar, IoT memerlukan 4 komponen berikut:
  • Sensor. Sensor merupakan instrumen yang berfungsi mengambil data yang diperlukan dari suatu obyek. Data ini bisa berupa informasi sederhana seperti temperatur udara hingga yang kompleks seperti tayangan video. ...
  • Konektivitas. ...
  • Pengolahan data. ...
  • User Interface (UI)
14 Jan 2022

Apakah kepanjangan dari Ai OT? ›

Ketika dua hal ini dikombinasikan, maka terbentuklah suatu artificial intelligence of things (AIoT). Hal ini dapat dibayangkan bahwa dalam suatu rangkaian sistem, berbagai perangkat IoT saling terhubung dan dalam rangkaian itu, ada AI sebagai pusat pengendali sistem tersebut.

Faktor apa saja yang dapat dilakukan oleh kecerdasan buatan? ›

Secara garis besar sebuah kecerdasan buatan bisa melakukan salah satu dari empat faktor berikut: acting humanly atau sistem yang dapat bertindak layaknya manusia, thinking humanly atau sistem yang bisa berpikir seperti halnya manusia, think rationally atau sistem yang mampu berpikir secara rasional, juga act rationally ...

Mengapa IoT dikembangkan? ›

IoT adalah salah satu dari sekian banyak teknologi yang dikembangkan untuk menghadapi era digital seperti sekarang dan dapat memudahkan masyarakat dan pengguna ketika memakainya serta dapat mengatasi kesulitan berbasis digital tersebut.

Dimana IoT ditemukan? ›

Salah satu contoh IoT pertama yang benar-benar dapat dikenali sebagai perangkat IoT pertama di dunia ditemukan pada awal 1980-an di Carnegie Mellon University.

Apa alat pertama yang dibuat menjadi IoT? ›

Sebelum tanki bensin IoT, sensor listrik NB-IoT, atau smart TV, perangkat pertama yang terkoneksi dengan internet adalah… pemanggang roti! Di tahun 1989, John Romkey dan Simon Hackett mengkoneksikan sebuah pemanggang roti ke Internet yang bisa bekerja sesuai komando dari komputer.

Jelaskan apa pemahaman Anda tentang IoT tersebut dan berikan contoh konkrit? ›

Singkatnya, Internet of things adalah semua perangkat dan benda yang melakukan transfer dan juga transmisi data melalui jaringan wireless dan internet. Saat ini banyak perangkat IoT yang bisa Anda temui pada kehidupan sehari-hari. Handphone dan komputer Anda adalah salah satu contohnya.

Apa saja unsur pembentuk IoT? ›

2. unsur pembentuk IoT yang mendasar termasuk kecerdasan buatan, konektivitas, sensor, keterlibatan aktif serta pemakaian perangkat berukuran kecil.

Apa kekurangan dari IoT? ›

Kekurangan IoT

Ini belum termasuk mengumpulkan serta mengolah data dari semua perangkat. Merancang, mengembangkan, dan memelihara serta mengaktifkan teknologi besar ke sistem IoT cukup rumit.

Bagaimana prinsip kerja IoT pada sektor pertanian? ›

Prinsip kerja IoT pada sektor pertanian

Penerapan Internet of Thing (IoT) pada pertanian dapat berupa teknologi sensor untuk penggunaan air, sensor untuk mendeteksi serangan hama, dan juga sensor yang mengetahui emisi lingkungan. Dengan penerapan tersebut hasil pertanian dapat meningkat dengan pesat dan akurat.

Apakah konsep IoT dapat berjalan dalam kehidupan sehari-hari? ›

Meskipun tidak semua orang bisa mendapatkan teknologi ini, namun sambungan listrik pintar menjadi contoh penerapan internet of things dalam kehidupan sehari-hari. Hanya melalui monitor di gadget seperti smartphone, maka pengguna dapat mengontrol seluruh sambungan listrik di rumah.

Mengapa IoT itu penting untuk perkembangan teknologi saat ini? ›

Memantau dan melacak tanpa henti

Alat yang menggunakan teknologi IoT pada umumnya digunakan sebagai device untuk melakukan pengawasan, pemantauan, dan pelacakan. Karena terhubung ke jaringan internet maka penggunaan device tidak akan terkendala jarak dan waktu, sehingga mampu terus memantau dan melacak tanpa henti.

Apa saja kemampuan dari IoT? ›

IoT adalah konsep teknologi yang memudahkan kita untuk terhubung ke berbagai perangkat dan komunikasi, mengontrol, dan bertukar data melalui internet, misalnya, mobil, rumah pintar, dll. Big data adalah salah satu bukti nyata dari IoT yang digunakan untuk mengurangi biaya perawatan dan memantau kesehatan aset serta ...

Bagaimana sejarah IoT jelaskan? ›

Hasil dari penelitian adalah sejarah awal mula IoT pada tahun 2009 oleh Kevin Ashton dengan melakukan penelitian tentang komunikasi antara Machine to Machine (M2M). Ide dasar dari IoT adalah menghubungkan beberapa perangkat dan bertukar data dengan perangkat lainnya dalam satu jaringan.

Jenis sektor industri apa yang menggunakan IoT? ›

Berikut Sektor Industri yang Wajib Mengimplementasikan Teknologi IoT
  1. Pertanian. Sektor pertanian dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari teknologi IoT. ...
  2. Manufaktur. Dengan teknologi IoT, “pabrik pintar” bukan lagi konsep yang sulit diwujudkan. ...
  3. Perbankan. ...
  4. Kesehatan. ...
  5. Energi. ...
  6. Ritel. ...
  7. Transportasi. ...
  8. Komunikasi.

Apakah IoT dapat menyelesaikan permasalahan yang ada melalui penggabungan teknologi dan dampak sosial? ›

Internet of Things (IoT) Internet of Things (IoT) menurut Rekomendasi International Telecommunication Union ITU-T Y.2060 [1] didefinisikan sebagai sebuah penemuan yang mampu menyelesaikan permasalahan yang ada melalui penggabungan teknologi dan dampak sosial, sementara itu jika ditinjau dari standarisasi secara teknik, ...

Menurut anda apakah dengan adanya IoT dapat mengurangi peran dari sumber daya manusia? ›

IoT mampu menjadi solusi efisien dan efektif dengan minim sumber daya. Kemudian, IoT juga berfungsi untuk mengurangi upaya manusia dalam menjalankan tugas serta menghemat waktu.

Bagaimana penerapan dari Internet of Things di Indonesia? ›

Penerapan Internet Of Things di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti smart city, smart public transportation system, digital payment, manufaktur dan retil, logistik atau semacamnya.

Manakah yang merupakan salah satu penggunaan teknologi IoT? ›

Manfaat IoT yang pertama adalah memudahkan dalam proses konektivitas antar perangkat atau mesin. Semakin koneksi antar jaringan baik, maka sistem perangkat dapat berjalan dengan lebih cepat dan fleksibel.

Manakah pernyataan yang paling tepat untuk menggambarkan IoT? ›

Manakah pernyataan yang tepat untuk menggambarkan IoT ? IoT adalah konsep transfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Dan Stracke

Last Updated: 12/20/2022

Views: 6013

Rating: 4.2 / 5 (63 voted)

Reviews: 86% of readers found this page helpful

Author information

Name: Dan Stracke

Birthday: 1992-08-25

Address: 2253 Brown Springs, East Alla, OH 38634-0309

Phone: +398735162064

Job: Investor Government Associate

Hobby: Shopping, LARPing, Scrapbooking, Surfing, Slacklining, Dance, Glassblowing

Introduction: My name is Dan Stracke, I am a homely, gleaming, glamorous, inquisitive, homely, gorgeous, light person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.