Pengertian Amortisasi: Contoh, dan Cara Menghitungnya - Accurate Online (2022)

Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah atau sering mendengar istilah amortisasi. Istilah ini kerap kali digunakan dalam dunia bisnis, khususnya dalam bidang keuangan dan akuntansi. Pada dasarnya, pengertian amortisasi adalah suatu proses akuntansi yang berperan penting untuk bisa mengatahui kondisi serta laporan keuangan suatu bisnis.

Sederhananya, amortisasi dilakukan untuk mengurangi nilai biaya dan aset aktiva tidak berwujud. Kegiatan ini dilakukan secara berkala karena berhubungan dengan penyusutan ataupun deprsiasi, dan umur ekonomis pada aset perusahaan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kita bisa terik kesimpulan bahwa pengertian amortisasi beda dengan penyusutan ataupun depresiasi. Sehingga, amortisasi tidak bisa disamakan dengan deprsesiasi walaupun keduanya memiliki peran yang saling berhubungan.

Tapi, apa sebenarnya pengertian amortisasi tersebut? Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas lebih dalam tentang pengertian amortisasi. Untuk itu, baca terus artikel ini agar Anda tidak salah paham terkait pengertian amortisasi.

1 Pengertian Amortisasi

(Video) MENGHITUNG PPH PASAL 21 THR ATAU BONUS

2 Hubungan Amortisasi dengan Depresiasi

3 Contoh Amortisasi

5 Amortisasi adalah Komponen Penting menyusun Laporan Keuangan Perusahaan

(Video) Belajar Akuntansi Dengan Mudah - Laporan Arus Kas Part 1 ( Teori dan Memahami Logika Arus Kas )

Pengertian Amortisasi

Dilansir dari Investopedia, pengertian amortisasi adalah suatu proses pelunasan utang yang dilakukan dengan jangka waktu ataupun periode tertentu dan juga dikerjakan secara bertahap. Contoh sederhana dari pembayaran amortisasi ini adalah pembayaran tagiahan bulanan pada kredit kendaraan, pinjaman kartu kredit, pinjaman KPR, dll.

Prosedur pembayaran amortisasi pun mempunyai perhitungan khususnya sendiri. Tapi yang pasti, angka cicilan ataupun pembayarannya harus lebih besar daripada pokok pinjaman serta beban bunga yang juga harus ditanggung pihak peminjam. Jadi, nilai amortiasi ini lambat laun akan terlunasi pada setiap pembayaran angsuran.

Amortisasi pun bisa diartikan sebagai suatu penyebaran jumlah ataupun biaya modal pada bentuk aset tidak berwujud dalam kurun waktu tertentu. Biasanya, amortisasi diberlakukan selama aset tersebut masih bisa digunakan.

Penjelasan lain dari pengertian amortisasi adalah suatu proses akuntansi yang dilakukan dengan mengurangi nilai kewajiban atau biaya dan aset tak berwujud yang dikerjakan secara perlahan. Pengurangan pada nilai aset tidak berwujud ini akan dilakukan sesuai umur ekonomis terbatasnya melalui metode memberikan pengeluaran beban secara periodik pada nilai pendapatan.

Alokasi biaya pada aset tidak berwujud ini akan lebih fokus pada pengurangan nilai kewajiban. Hal dilakukan dengan prosedur pembayaran pada pokok pinjaman secara sekaligus dengan bunganya. Sehingga, nantinya bisa diketahui beberapa jumlah cicilan yang harus dibayar hingga masa pinjaman bisa dilunasi.

Fungsi lain dari amortisasi adalah sebagai refleksi terhadap nilai penjualan kembali dari aset tidak berwujud. Contohnya adalah ketika melakukan pinjaman dengan harga cicilan tertentu, maka akan bisa diketahui bahwa nilai amortisasinya adalah sebanyak jumlah cicilan yang wajib dibayarkan tersebut.

Namun, untuk memahami pengertian amortisasi, kita juga perlu memahami istilah dana amortisasi. Pengertian dari dana amortisasi adalah suatu upaya pengumpulan dana atau kas secara berkala untuk bisa melunasi beban amortisai pada tiap periodenya. Sehingga, perusahaan akan mampu membayar tagihan dari biaya amortiasi yang sedang berlangsung.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa amortisasi dilakukan untuk mencerminkan atau merefleksikan nulau jual kembali pada suatu aset. Sehingga, nilai jualnya bisa dikethui dan perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari adanya amortisasi.

Baca juga: EBITDA Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Hitung dan Contohnya

(Video) Cara Menghitung Kalori dengan Myfitnesspal | by BRODIBALO

Hubungan Amortisasi dengan Depresiasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa amortisasi memiliki hubungan dengan depresiasi nilai aset. Selain hubungan dalam hal pengertian, kedua istilah dalam dunia akuntansi ini juga memiliki hubungan pada beberapa hal lain.

Dalam hal pengertian, amortisasi dan depresiasi sama-sama berhubungan dengan adanya perubahan nilai aset. Jadi, pengertian amortisasi adalah pengurangan atas suatu nilai aktiva tidak berwujud, sedangkan depresiasi adalah perubahan nilai pada aset berwujud.

Keduanya juga memiliki fungsi yang bisa dikaitkan. Jika, fungsi dari amortisasi adalah sebagai refleksi atas nilai aset perusahaan ketika hendak dijual kembali, maka fungsi depresasi adalah agar pihak peruahaan mampu menerima dan memelihara pendapatan pada bulan harta tertentu. Sehingga, amortisasi dan deprsiasi sama-sama berfungsi dalam meribah nilai aset perusahaan pada jangka waktu lama.

Amortiasasi dan depresiasi pun mempunyai keterkaitan pada proses pelasanaannya. Keduanya biasa dilakukan oleh pihak perusahaan pada bulanterjadinya pengeluaran. Artinya, amortisasi dan juga penyusutan memang tidak mampu dipisahkan. Untuk itu, tidak heran banyak orang yang menilai keduanya mempunyai arti yang sama dan banyak orang juga yang bingung untuk membedakan keduanya.

Contoh Amortisasi

Amortisasi tentu akan lebih gampang untuk dimengerti jika disertai dengan studi kasus. Studi kasus termudah adalah ketika suatu perusahaan memiliki dana pinjaman sebanyak 10 juta rupiah dan harsu diangsur setiap tahun seabnyak 750 ribu rupiah. Berdasarkan studi kasis ini, bisa dipahami bahwa pihak perusahaan sudah mengamortiasi pinjaman sebanyak 750 ribu rupiah setiap tahunnya.

Studi kasus lainnya adalah ketika suatu perusahaan garmen mengantongi hak paten pada suatu mesin dalam jangka waktu 10 tahun. Ketika perusahaan tersebut menguarkan uang sejumlah 250 juta rupiah untuk mengembangkan produknya, maka nilai biaya amortisasinya dalah 25 juta karena harus dibagi sesuai dengan penggunaan waktu mesin tersebut.

Cara Hitung Amortisasi

Kegiatan amortisasi akan mewajibkan perusahaan untuk bisa melkukan pembayran utang yang mencakup pembayaran pokok atau principal pinjaman dan juga pembayaran bunga. Maksud dari pokok pinjaman dalam hal ini adalah saldo utang yang harus beredar dan juga wajib dilunasi oleh pihak perusahaan.

Pembayaran bunga akan menjadi semakin menurun jika jumlah pokok yang harus dibayar menjadi semakin banyak. Lama kelamaan, jumlah bunga yang harus dibayar tersebut nantinya akan berkurang, namun jumlah pembayaran pokok bisa meningkat.

Cara yang bisa dilakukan dalam menghitung amortisasi, yaitu:

  • Menghitung Amortisasi Pinjaman pada Bulan Pertama

Terdapat enam tahapan yang harus dilakukan oleh pihak perusahaan untuk bisa menghitung bunga dan pokok pinjamaan pada bulan pertama amortisasi. Tahap pertama adalah dengan cara mengumpulkan data untuk bisa menghitung amortiasi pertama. Beberapa informasi yang Anda perlukana adalah suku bunga, tenor pinjaman, serta pokok pinjaman.

(Video) Cara Mencari DPP PPN 11 Persen #tutorialpajak#ppn

Tahapan kedua adalah menyiapkan kertas kerja agar lebih memudahkan proses perhitungan. Dalam hal ini, Anda hanya memerlukan Microsoft Excel untu menghitung amortisasi. Isi tabelnya dengan bulan, bunga angsuran pokok, angsuran bunga, jumlah angsuran, saldo pinjaman.

Lalu, tahapan selajutnya adalah dengan menentukan pinjaman pada bulan sebelumnya dan juga menghitung jumlah angsuran. Rumus yang bisa Adna gunakan untuk menghitung jumlah angsuran adalah Jumlah Angsuran = P x (i/12) / 1 – (1+(i/12)-t), dimana P adalah pokok pinkaman, i adalah suku bunga dan t adalah tenor pinjaman.

Contoh sederhannya adalah jika perusahaan ABC memiliki pokok pinjaman sebanyak 10 juta rupiah, dengan suku bunga 6%, dan tenor waktu 12 bulan. Maka cara menghirung jumlah ansurannya adalah 10.000.000 x (6%/12) / 1 – (1+(6%/12)-12) = 860.664.

Jika jumlah angsuran sudah diketahui, maka tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah menghitung angsuran bunga. Rumus menghitung angsuran bunga adalah pokok pinjaman pada bulan sebulumnya dikurang suku bunga dikali 30/360. Dengan menerapkan rumus tersebut pada contoh sebelumnya, maka akan diketahui bahwa angsuran bunga pada bulan pertama adalah 10.000.000 x 6% x (30/360) = 50.000.

Tahapan kelima yang harus dilakukan jika sudah mengetahui nilai jumlah angsuran dan bungan adalah dengan mendapatkan informasi terkait angsuran pokok yang harus dibayar. Lebih mudahnya, angsuran pokok bisa diketahui dengan cara mengurangi jumlah angsuran dengan angsuran bunga. Berdasarkan contoh sebelumnya, maka bisa kita ketahui bahwa angsuran pokonya adalah 860.664 -50.000 = 810.664.

Tahap keenam yang wajib dilakukan adalah dengan cara menghitung saldo pinjaman dengan cara mengurangi nilai pokok pinjaman pada bulan sebelumnya dengan jumlah angsuran pokok. Berdasarkan contoh diatas, maka bisa kita ketahui bahwa saldo pinjamannya adalah 10.000.000 – 810.664 = 9.189.336.

Jadi, dengan menggunakan keenam langkah diatas, kita bisa mengetahui jumlah sald pinjaman amortisasi yang dimiliki oleh pihak perusahaan.

Baca juga: Pengertian Biaya Standar: Varian, Rumus, Kelebihan, dan Kekurangan

Amortisasi adalah Komponen Penting menyusun Laporan Keuangan Perusahaan

Tanpa menghitung nilai amortiasi, perusahaan tidak akan mampu menunjukkan kondisi laporan keuangan secara sebenarnya. Untuk itu, diperlukan cara menghitung yang teliti dengan rumus dan langkah yang sudah ditentukan. Sehingga, nilai amortisasi yang dimiliki oleh pihak perusahaan bisa diketaui oleh seluruh pihak perusahaan yang berkepentingan.

Namun, Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan nilai amortisasi Anda jika Anda menggunakan program akuntansi dari Accurate online. Dengan Accurate Online, Anda bisa mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan real time. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

(Video) CARA GAMPANG MENGHITUNG PENYUSUTAN AKTIVA TETAP METODE GARIS LURUS - Dengan Excel

FAQs

Apa saja contoh dari amortisasi? ›

Berikut beberapa contoh dari pembayaran amortisasi, yaitu:
  • Tagihan bulanan pembayaran kredit kendaraan.
  • Pinjaman KPR.
  • Pinjaman KPA.
  • Pinjaman Kartu Kredit.
  • dll.

Apa yang dimaksud dengan amortisasi pinjaman? ›

Amortisasi adalah pembayaran utang yang angsurannya digunakan untuk melunasi pokok pinjaman dan semakin banyak pokok pinjaman yang dibayar, maka semakin berkurang juga bunga yang harus dibayar.

Apa yang dimaksud dengan amortisasi? ›

Definisi lain dari amortisasi adalah sebuah prosedur akuntansi yang mengurangi nilai kewajiban atau biaya serta aset tidak berwujud yang dilakukan secara bertahap.

Biaya apa saja yang dapat diamortisasi? ›

Apa Saja Jenis Aset Berwujud Yang Dapat Diamortisasi?
  • Hak cipta.
  • Hak paten.
  • Merek dagang.
  • Waralaba (franchise)
  • Lisensi.
  • Hal sewa.
  • Perangkat lunak komputer.
Sep 24, 2019

Sebutkan apa saja manfaat dari perhitungan amortisasi utang? ›

Manfaat Amortisasi
  • Mengumpulkan data suku bunga, pokok pinjaman, dan tenor pinjaman.
  • Menyiapkan lembar kerja.
  • Menentukan pinjaman pada bulan sebelumnya dan menghitung jumlah angsuran. Adapun rumus menghitung jumlah angsuran yakni.
Jul 26, 2021

Apa pengertian amortisasi dan cara menghitungnya? ›

Amortisasi adalah pembayaran utang yang dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu atau periode tertentu. Istilah ini biasa dipakai dalam dunia perpajakan, keuangan, dan akuntansi.
...
Menentukan pinjaman bulan sebelumnya dan menghitung total angsuran
  1. P adalah saldo pinjaman.
  2. i adalah bunga.
  3. T adalah jumlah tenor.
Sep 24, 2019

Kapan amortisasi dilakukan? ›

Amortisasi dapat dilakukan pada bulan dilakukannya pengeluaran oleh perusahaan. Saat itu juga penyusutan pun dilakukan pada bulan yang sama dilakukannya pengeluaran. Karenanya keduanya saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain.

Apa yang dimaksud amortisasi pada konsep nilai waktu dan uang? ›

Amortisasi adalah suatu prosedur yang dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu tertentu untuk mengurangi nilai aktiva tak berwujud dan nilai biaya. Istilah ini juga dapat diartikan sebagai pembayaran utang yang dibatasi periode tertentu.

Apa kegunaan jadwal amortisasi pinjaman? ›

Jadwal amortisasi digunakan untuk mengurangi saldo pinjaman saat ini, misalnya kredit mobil, melalui pembayaran cicilan.

Apa yang dimaksud dengan amortisasi diskonto? ›

Jumlah amortisasi diskonto atau premium obligasi adalah perbedaan antara jumlah biaya bunga (efektif) dalam suatu periode dengan bunga nominal yang sesungguhnya dibayar.

Amortisasi termasuk biaya apa? ›

Sebenarnya istilah amortisasi dalam akuntansi dapat diartikan sebagai sebuah pengalokasian biaya aktiva yang tak berwujud dan mengacu pada pengurangan kewajiban pembayaran pokok beserta bunga, secara lebih teratur dalam jumlah tertentu sampai pinjaman terbayar pada saat jatuh tempo.

Apa bedanya penyusutan dan amortisasi? ›

Dalam menghitung Depresiasi, biaya penyusutan aset hanya memperhitungkan aset-aset yang berwujud fisik seperti tanah, mesin, kendaraan, dan sebagainya. Sementara Amortisasi menghitung penyusutan terhadap aset-aset yang tidak berwujud fisik.

Apa yang dimaksud dengan depresiasi dan amortisasi? ›

Depresiasi dan amortisasi merupakan dua istilah akuntansi yang merujuk pada penyusutan nilai suatu aset. Adapun perbedaan mendasar antara depresiasi dan amortisasi terletak pada jenis aktivanya, yakni aktiva berwujud untuk depresiasi dan aktiva tidak berwujud pada amortisasi.

Mengapa perlu adanya amortisasi? ›

Sederhananya, amortisasi dilakukan untuk mengurangi nilai biaya dan aset aktiva tidak berwujud. Kegiatan ini dilakukan secara berkala karena berhubungan dengan penyusutan ataupun deprsiasi, dan umur ekonomis pada aset perusahaan.

Apa yang dimaksud dengan konsep nilai waktu dari uang? ›

Konsep nilai waktu dari uang ini menyebutkan bahwa nilai uang saat ini lebih berharga dari sejumlah nilai uang yang sama di masa mendatang. Agar uang tidak tergerus nilainya seiring dengan berjalannya waktu maka hal tersebut tidak terlepas dari yang namanya bunga.

Mengapa premi atau diskonto obligasi harus dilakukan amortisasi? ›

Diskonto atau premi harus diamortisasi terhadap beban bunga selama umur obligasi sedemikian rupa sehingga menghasilkan suku bunga yang konstan pada nilai tercatat hutang yang beredar pada awal periode tertentu.

Apa Perbedaan penyusutan dan amortisasi menurut ketentuan komersial dan fiskal? ›

Penyusutan adalah alokasi biaya perolehan suatu aktiva tetap selama masa manfaat, kecuali tanah. Sedangkan amortisasi adalah alokasi perolehan harta tidak berwujud selama masa manfaat. Penyusutan fiskal diatur di Pasal 11 Undang-undang PPh. Sedangkan amortisasi diatur di Pasal 11A Undang-undang PPh.

Depresiasi dan penyusutan apa bedanya? ›

Penyusutan digunakan untuk aset berwujud, yang merupakan aset fisik seperti peralatan manufaktur, kendaraan bisnis, dan komputer. Depresiasi adalah ukuran seberapa banyak nilai aset telah digunakan pada titik waktu tertentu.

Apa pengaruh penyusutan dan amortisasi terhadap pajak? ›

Jawaban: Penyusutan dan amortisasi akan mengurangi keuntungan perusahaan. Jadi penyusutan/amortisasi yang tinggi, keuntungan akan turun, sehingga pajak juga akan berkurang. Demikian pula sebaliknya; jika penyusutan rendah maka pajak bisa lebih tinggi.

Apa yang dimaksud dengan depresiasi? ›

Depresiasi atau penyusutan adalah salah satu prosedur yang penting untuk dilakukan untuk menghitung atau mengukur nilai aset selama periode penggunaan. Nilai aset bisnis selama masa pemanfaatannya ini dikenal sebagai depresiasi.

Kapan amortisasi dilakukan? ›

Amortisasi dapat dilakukan pada bulan dilakukannya pengeluaran oleh perusahaan. Saat itu juga penyusutan pun dilakukan pada bulan yang sama dilakukannya pengeluaran. Karenanya keduanya saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain.

Apa itu deplesi dan contohnya? ›

Pengertian Deplesi

Deplesi bisa diartikan sebagai salah satu metode penyusutan terhadap aset karena pengurangan biaya (cost) akibat pengelolaan sumber daya menjadi bahan baku atau persediaan. Misalnya penurunan nilai pada barang tambang dan hutan kayu.

Deplesi termasuk aset apa? ›

Deplesi adalah salah satu metode penyusutan pada aset karena perubahan sumber daya alam yang ada menjadi barang baku atau persediaan yang disebut proses produksi. Seperti misalnya penurunan pada nilai pada bahan tambang dan juga hutan kayu.

Apa basis deplesi? ›

Rumus metode deplesi akuntansi

Langkah 1: Penentuan dasar deplesi: Basis deplesi terdiri dari biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh atau menyewa aset, biaya eksplorasi, biaya pengembangan dan biaya yang dikeluarkan untuk memulihkan properti ke kondisi aslinya setelah aset atau sumber daya habis sepenuhnya.

Apa itu depresiasi dan deplesi? ›

A. Deplesi merupakan pengakuan atas berkurangnya manfaat potensial dari aktiva tetap. Sedangkan Depresiasi merupakan perwujudan berkurangnya kuantitas kandungan aktiva sumber alam. B. Deplesi digunakan untuk aktiva tetap yang pada umumnya dapat diganti bila habis umur pemakaiannya.

Videos

1. PERTEMUAN 5 ASET TIDAK BERWUJUD DAN AMORTISASINYA
(Chanissa Purwaningrum)
2. Cara Menghitung Goodwill oleh Bpk. Agung Dinarjito (Dosen PKN STAN)
(BPPK Kemenkeu RI)
3. Pengertian Utang (Amortisasi Utang) dan Tipe Suku Bunga
(Gio's Class)
4. Menghitung Penyusutan Aktiva Tetap dengan beberapa metode pencatatan
(Mulyono Herlambang)
5. AK2-UTANG JANGKA PENDEK (Part3-Utang Bank Jk Pendek)
(Komang Tri Wahyuni)
6. CARA MENGHITUNG ANGSURAN KREDIT MOTOR UNTUK MENCARI BESARNYA BUNGA DAN CICILAN POKOK
(MUJI YAMIANTO)

You might also like

Latest Posts

Article information

Author: Kerri Lueilwitz

Last Updated: 09/25/2022

Views: 6086

Rating: 4.7 / 5 (67 voted)

Reviews: 82% of readers found this page helpful

Author information

Name: Kerri Lueilwitz

Birthday: 1992-10-31

Address: Suite 878 3699 Chantelle Roads, Colebury, NC 68599

Phone: +6111989609516

Job: Chief Farming Manager

Hobby: Mycology, Stone skipping, Dowsing, Whittling, Taxidermy, Sand art, Roller skating

Introduction: My name is Kerri Lueilwitz, I am a courageous, gentle, quaint, thankful, outstanding, brave, vast person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.