Pengertian, Contoh, Pelanggaran dan Sanksi Norma Kesopanan (2023)

Demi memelihara keteraturan dalam masyarakat, ada beberapa norma-norma sosial yang berlaku di dalamnya, salah satunya adalah norma kesopanan. Norma ini termasuk dalam aturan yang sifatnya tidak memaksa dan berbeda-beda dalam setiap daerah.

Pengertian Norma Kesopanan

Daftar Isi

Norma kesopanan itu adalah sebuah aturan dalam hidup bermasyarakat yaitu tetang bagaimana bertingkah laku yang baik maupun yang tidak baik, maupun yang patut atau tidak patut yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat. Norma kesopanan pada umumnya bersumber pada adat istiadat dan budaya yang ada di masyarakat.

Jika dilihat dari namanya, norma ini jelas berkaitan dengan sopan santun yang berlaku dalam masyarakat. Tidak heran kalau sifatnya tidak memaksa dan sanksinya tidak mutlak seperti pada norma hukum. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut beberapa pengertian norma kesopanan.

1. Menurut Bahasa

Norma ini berasal dari dua suku kata, yakni norma dan kesopanan. Norma sendiri berarti sebuah pedoman perilaku yang berlaku dalam kelompok masyarakat dan bersifat mengikat.

(Video) PPKn Kelas 7 Bab 2 Pertemuan 2 Norma Kesusilaan & Norma Kesopanan

Sedangkan kesopanan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah tingkah laku atau tata krama yang dianggap baik dalam masyarakat.

Dari kedua definisi ini dapat disimpulkan bahwa menurut bahasa norma kesopanan adalah aturan terkait tingkah laku yang berlaku dalam kelompok masyarakat tertentu yang sifatnya mengikat anggotanya.

2. Menurut Istilah

Secara istilah, norma sopan santun ini dimaknai sebagai salah satu aturan yang timbul dan dibuat oleh suatu kelompok masyarakat tertentu untuk menimbulkan rasa saling hormat menghormati. Sumber utama dari norma ini adalah adat kebiasaan yang ada dalam kelompok masyarakat.

Oleh sebab itu, sifatnya sangat relatif dan berbeda-beda antara kelompok masyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya.

Dari definisi menurut istilah ini, norma sopan santun memiliki beberapa ciri-ciri yang harus ada di dalamnya, yaitu :

  • Sifatnya kedaerahan dan menyesuaikan adat masing-masing tepat.
  • Berasal dari pergaulan yang timbul antar anggota masyarakat.
  • Sanksinya tidak memaksa dan berbeda-beda antar daerah.

Contoh Norma Kesopanan

Dalam pergaulan sehari-hari, ada banyak sekali contoh norma jenis kesopanan yang bisa ditemukan. Norma-norma tersebut bahkan bisa diklasifikasikan berdasarkan tempatnya, yakni sekolah, keluarga, dan masyarakat seperti berikut ini.

1. Contoh di Lingkungan Keluarga

Keluarga adalah lingkungan pertama yang akan ditemui seseorang sebelum lingkungan lainnya. Tidak heran jika banyak sekali norma terkait kesopanan yang bisa ditemukan dalam lingkup keluarga. Beberapa contohnya adalah :

(Video) Contoh pelanggaran norma kesopanan

  • Tidak menyuruh orang tua dengan cara membentak.
  • Tidak berkata kasar kepada ayah dan ibu.
  • Meminta izin kepada kedua orang tua saat akan keluar rumah.
  • Menaati perintah orang tua.
  • Tidak memperlakukan orang tua yang sudah renta dengan kasar.
  • Tidak memaksakan keinginan yang belum bisa dipenuhi orang tua.
  • Berlaku dan berbicara sopan kepada orang tua.

2. Contoh di Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah sebenarnya memiliki tata tertib sendiri di dalamnya yang berkaitan dengan norma kesopanan. Selain norma yang tertulis dalam tata tertib sekolah, ada juga beberapa contoh lainnya, yaitu :

  • Menghormati guru sebagai pengajar ilmu pengetahuan yang ada di sekolah.
  • Mengikuti pelajaran di sekolah dengan tertib.
  • Mendengarkan materi pelajaran yang disampaikan guru.
  • Tidak berkata jorok kepada teman dan guru yang ada di sekolah.
  • Menggunakan seragam yang tertutup dan rapi.
  • Menghargai dan menerima rapor dengan baik.

3. Contoh di Lingkungan Masyarakat

Norma sopan santun yang ada di lingkungan masyarakat cakupannya sangat luas. Bahkan antara masyarakat yang satu dengan lainnya bisa memiliki norma berbeda-beda. Berikut adalah beberapa contohnya.

  • Berjalan agak menunduk ketika ada orang tua yang duduk di bawahnya.
  • Berkata sopan dengan bahasa yang halus kepada orang yang lebih tua.
  • Mendahulukan orang tua untuk duduk ketika berada di tempat umum.
  • Membuang sampah pada tempatnya.
  • Makan dengan tangan kanan.
  • Tidak berbicara kotor dan jorok kepada orang lain.
  • Menutup mulut saat bersin di hadapan orang lain.
  • Tidak membuang ludah di jalan umum.

Baca juga :

  • 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Komponennya
  • Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Pelanggaran Norma Kesopanan

Pelanggaran norma ini adalah perilaku yang menyimpang atau tidak mengikuti norma sopan santun yang ada di dalam masyarakat. Biasanya pelanggaran ini dilakukan oleh pendatang yang berasal dari kelompok masyarakat lain ataupun dari dalam anggota masyarakat sendiri.

Salah satu faktor utama terjadi pelanggaran norma sopan santun adalah karena tidak pernah mendapat pengajaran dari orang tua ataupun keluarga terkait sopan santun di masyarakat.

Orang yang melakukan pelanggaran terhadap norma kesopanan tentu akan mendapatkan sanksi secara otomatis dari masyarakat. Meskipun sifatnya tidak memaksa, namun sanksi tersebut bisa membuat pelanggarnya akan merasa jera dan tidak mengulanginya lagi.

Contoh Pelanggaran Norma Kesopanan

Saat ini, banyak sekali ditemukan pelanggaran norma sopan santun yang terjadi di lingkungan sosial, baik masyarakat, sekolah, ataupun dalam keluarga. Ini terjadi karena minimnya penanaman sopan santun sejak dini kepada anak-anak sehingga terbawa setelah dewasa.

(Video) MACAM NORMA | NORMA AGAMA | NORMA KESUSILAAN | NORMA KESOPANAN | NORMA HUKUM

Beberapa contoh pelanggaran norma sopan santun yang pernah dan sering terjadi di masyarakat adalah :

1. Contoh Pelanggaran di Lingkungan Keluarga

Jagat maya sempat dibuat heboh oleh perilaku seorang anak perempuan yang membentak-bentak ayahnya, bahkan sampai mengusir ayahnya ke luar area rumah. Perilaku anak tersebut tidak sengaja terekam oleh video CCTV yang ada di sekitar area tersebut.

Setelah ditelusuri, ternyata anak perempuan tersebut tega membentak dan mengusir ayahnya sendiri karena keinginannya untuk membeli handphone andorid keluaran terbaru tidak bisa dipenuhi ayahnya. Sang anak yang masih remaja dan sifat egoisnya tinggi, langsung emosi dan mengusir ayahnya.

Akibat perbuatan anak perempuan tersebut, ia dikucilkan oleh masyarakat. Ada yang menghujatnya ada pula yang menyumpahinya dengan doa yang jelek. Bahkan, dengan kemajuan teknologi yang berkembang saat ini, video sang anak tersebar di seluruh Indonesia dan membuatnya merasa malu.

2. Contoh Pelanggaran di Lingkungan Sekolah

Ani adalah anak yang pandai dan selalu masuk 10 besar di sekolahnya. Sayangnya, saat metode pembelajaran diganti secara daring atau melalui media online, nilai Ani menurun drastis. Bahkan, saat pembagian rapor Ani masuk dalam deretan peringkat bawah.

Karena merasa tidak terima dan penilaian gurunya dianggap subjektif, Ani membuang rapor dan sengaja menginjak-injak rapor tersebut di depan teman-temannya. Perbuatan Ani jelas dianggap meremehkan guru karena tidak menghargai hasil penilaian yang diberikan.

Beberapa teman yang tidak mengerti sopan santun malah tertawa senang melihatnya. Namun, siswa lainnya justru memandang Ani rendah karena tidak memiliki sopan santun. Bahkan, akibat perbuatannya, pihak sekolah yang menjunjung tinggi nilai kesopanan mengeluarkan Ani dari sekolah.

(Video) NORMA KESUSILAAN.....(SMK X PKN)

3. Contoh Pelanggaran di Lingkungan Masyarakat

Dodo tergesa-gesa berangkat ke sekolah dengan naik angkot. Di dalamnya ternyata penumpang sudah berdesakan. Beruntung Dodo mendapat kursi di dekat pintu. Tepat di sebelah Dodo, ada seorang ibu hamil yang baru saja masuk ke angkot. Ibu itu tidak mendapat kursi dan terpaksa berdiri.

Dodo yang merasa mendapat kursi terlebih dahulu membiarkan ibu hamil di sebelahnya berdiri. Ia malah asyik bermain ponselnya.

Perbuatan Dodo mendapat sorotan dari penumpang lain yang ada di dekatnya. Orang lain yang iba kemudian menawarkan duduk pada ibu hamil tersebut. Sementara orang di dalam angkot masih terus menggunjing Dodo karena perbuatannya yang dianggap tidak beretika.

Baca juga :

  • Contoh Struktur Organisasi Kelas dan Tugas Pokok Setiap Posisi
  • Makna, Penggunaan, dan Keutamaan Assalamualaikum

Sanksi Norma Kesopanan

Sanksi norma sopan santun adalah hukuman atau balasan yang diperoleh seseorang yang melakukan tindakan pelanggaran terhadap norma tersebut. Tujuan pemberian sanksi adalah memberikan efek jera kepada pelanggar norma agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Beberapa bentuk sanksi yang akan didapatkan oleh pelanggar norma ini di antaranya :

· Dikucilkan oleh masyarakat.

· Menjadi bahan omongan dan gunjingan.

· Diasingkan dalam pergaulan masyarakat.

· Mendapat cemooh dan celaan dari masyarakat di sekitarnya.

· Dipermalukan oleh masyarakat di depan umum.

Beberapa sanksi tersebut memang terlihat ringan dan tidak melukai secara fisik. Namun, orang yang merasakannya tentu akan merasa malu dan terhukum secara psikologis. Dengan perasaan tidak nyaman tersebut, tentu pelanggar norma enggan mengulangi perbuatannya.

(Video) pengertian norma agama dan norma kesopanan

Nah sahabat daftarpustaka.org keberadaan norma kesopanan di lingkungan masyarakat berperan penting dalam menjaga kedamaian dan keteraturan dalam kehidupan. Oleh sebab itu, sanksi yang berlaku pada norma tersebut harus terus diterapkan agar masyarakat lebih menghargai sopan santun dalam pergaulan.

FAQs

Apa pelanggaran norma kesopanan? ›

Meludah di depan orang. Berbicara kasar kepada orang lain. Menghina seseorang.

Apa itu norma kesopanan dan contohnya? ›

Norma kesopanan berisi petunjuk hidup yang mengatur bagaimana seseorang harus bertingkah laku dalam masyarakat. Norma ini berhubungan dengan tingkah laku menghormati, menghargai, dan respek dengan kultur suatu masyarakat. Contoh-contoh norma sopan santun adalah: Menghormati orang yang lebih tua.

Apa pengertian dari kesopanan? ›

Jenis-Jenis Norma

Norma kesopanan adalah perilaku yang mencerminkan tentang kebiasaan, kepatutan dan kepantasan seorang manusia terhadap sesamanya. Norma ini berangkat dari adat istiadat, nilai-nilai masyarakat dan kebiasaan seseorang.

Apa yang dimaksud dengan pelanggaran norma? ›

Pelanggaran terhadap norma adalah perilaku yang tidak sesuai atau perilaku menyimpang dari peraturan yang ada dalam suatu kelompok masyarakat tertentu yang menyangkut perilaku-perilaku yang pantas dilakukan dalam menjalani interaksi sosialnya.

Apakah sanksi dari norma hukum? ›

Jawaban ini terverifikasi. Macam-macam sanksi dari norma hukum adalah mendapat hukuman pidana/kurungan penjara, dikucilkan oleh masyarakat, dicemooh oleh masyarakat, serta tidak disenangi oleh masyarakat.

Apa saja ciri ciri norma kesopanan? ›

Ciri Norma Kesopanan
  • Norma kesopanan tercipta dari pergaulan atau interaksi sosial antaranggota masyarakat. ...
  • Norma kesopanan relatif bersifat lokal atau kedaerahan, tidak berlaku di tempat yang berlainan. ...
  • Keberadaan sanksi meliputi celaan, kritikan, atau dikucilkan dari masyarakat setempat.
Jul 25, 2022

Apakah yang dimaksud dengan norma kesopanan dan tuliskan dua contoh norma kesopanan? ›

Norma kesopanan bersumber dari tata kehidupan atau budaya yang berupa kebiasaan-kebiasaan masyarakat dalam mengatur kehidupan kelompoknya. Contoh Norma kesopanan adalah : Berpamitan kepada orangtua dengan mencium tanganya. Bertutur dengan lemah lembut kepada orangtua.

Bagaimana contoh norma kesopanan dalam masyarakat Indonesia? ›

Berikut ini adalah contoh norma kesopanan yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:
  • Menghormati orang yang lebih tua.
  • Enggak meludah sembarangan.
  • Enggak menyela pembicaraan orang lain.
  • Berpakaian sopan dan santun sesuai dengan acara atau momentum yang dihadiri. ...
  • Berbahasa yang santun dan enggak kasar.
Oct 20, 2021

Apa yang dimaksud dengan sanksi dari norma kesopanan tidak tegas? ›

Sanksi pelanggaran norma kesopanan memang tidak tegas, tetapi dapat diberikan masyarakat berupa sanksi sosial, seperti cemoohan, hinaan, celaan, hingga pengucilan dalam pergaulan. Bagi pelanggarnya pun, akan diberikan gelar tidak sopan.

Jelaskan apa itu norma kesopanan brainly? ›

norma kesopanan adalah aturan-aturan tentang tingkah laku yang berlaku dalam suatu lingkungan kelompok masyarakat tertentu, yang bersumber dari adat istiadat, budaya, atau tradisi setempat. norma kesopanan kadang disebut juga dengan norma adat(kemasyarakatan),sopan-santun,tata krama atau adat istiadat.

Apa yang dimaksud dengan norma kesopanan brainly? ›

norma kesopanan adalah aturan-aturan tentang tingkah laku yang berlaku dalam suatu lingkungan kelompok masyarakat tertentu, yang bersumber dari adat istiadat, budaya, atau tradisi setempat. norma kesopanan kadang disebut juga dengan norma adat(kemasyarakatan),sopan-santun,tata krama atau adat istiadat.

Bagaimana sanksi terhadap pelanggaran norma hukum berikan contohnya? ›

Sanksi norma hukum berupa denda, penjara, hukuman mati, dan hukuman sosial. Contoh norma hukum adalah menaati peraturan lalu lintas. Pengendara yang ngebut dan melalui lampu merah dapat dihukum dan terkena sanksi yang berlaku. Norma hukum harus dijunjung tinggi supaya tercipta lingkungan yang aman dan damai.

Apa pelanggaran norma agama? ›

Pelanggaran terhadap norma keagamaan berarti menentang perintah dan larangan Tuhan, yang artinya siap mendapatkan apa pun konsekuensinya kelak. Setiap manusia selalu berusaha melaksanakan perintah-perintah Tuhan dan menjauhi semua larangan-Nya agar memperoleh pahala.

Apa saja contoh norma hukum? ›

Beberapa contoh norma hukum yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut.
  • Hukum untuk menaati rambu-rambu lalu lintas. Jika melanggar maka ada persyaratan untuk membayar denda ke pihak berwenang.
  • Hukum untuk membayar pajak. ...
  • Hukum untuk tidak berbuat kriminal. ...
  • Hukum di lingkungan sekolah. ...
  • Hukum di lingkungan masyarakat.

Apa saja pelanggaran norma hukum? ›

Berikut ini adalah contoh 10 pelanggaran norma hukum di Indonesia.
  • Melanggar aturan lalu lintas.
  • Melakukan tindakan korupsi.
  • Memelihara hewan yang dilindungi.
  • Melakukan tindakan pencurian.
  • Melakukan penyeludupan narkoba.
  • Menunggak pajak.
  • Tidak membawa SIM dan STNK saat berkendara.
  • Melakukan pembunuhan.

Apa fungsi dari norma kesopanan? ›

Jadi, pada intinya norma kesopanan mengatur hubungan manusia dengan adat istiadat masyarakat, Kids. Norma kesopanan memiliki fungsi sebagai pedoman hingga aturan cara berperilaku dalam lingkungan masyakarat. Selain itu, norma kesopanan juga memiliki fungsi untuk memberi batasan seseorang dalam bertingkah laku, Kids.

Apakah tujuan dari adanya norma kesopanan? ›

Tujuan Norma Kesopanan

Norma kesopanan dapat menciptakan sikap saling menghargai sesama maupun orang yang lebih tua. Dengan begitu hubungan masyarakat akan menjadi semakin harmonis. Tujuan norma kesopanan yang kedua, yaitu membuat seseorang menjadi lebih hati-hati dalam bertindak.

Apa akibat dari sanksi norma kesopanan yang bersifat lokal? ›

Jawaban: Sanksi bagi pelanggar norma kesopanan yang bersifat lokal atau kedaerahan adalah sebagai berikut: Cemoohan. Celaan.

Apa saja pelanggaran norma kesusilaan? ›

Beberapa contoh pelanggaran norma kesusilaan antara lain:
  • Tidak jujur atau berbohong.
  • Tidak menghargai dan menghormati orang lain.
  • Enggan membantu orang lain.
  • Melakukan tindakan diskriminasi.
  • Merugikan orang lain.
Dec 22, 2021

Apa saja pelanggaran norma hukum? ›

Berikut ini adalah contoh 10 pelanggaran norma hukum di Indonesia.
  • Melanggar aturan lalu lintas.
  • Melakukan tindakan korupsi.
  • Memelihara hewan yang dilindungi.
  • Melakukan tindakan pencurian.
  • Melakukan penyeludupan narkoba.
  • Menunggak pajak.
  • Tidak membawa SIM dan STNK saat berkendara.
  • Melakukan pembunuhan.

Apa pelanggaran norma agama? ›

Pelanggaran terhadap norma keagamaan berarti menentang perintah dan larangan Tuhan, yang artinya siap mendapatkan apa pun konsekuensinya kelak. Setiap manusia selalu berusaha melaksanakan perintah-perintah Tuhan dan menjauhi semua larangan-Nya agar memperoleh pahala.

Apa perbedaan antara norma kesusilaan dan norma kesopanan? ›

Perbedaan norma kesopanan dan kesusilaan terletak pada sumbernya, Kids. Norma kesopanan bersumber pada tata kehidupan atau budaya yang berupa kebiasaan masyarakat. Sedangkan norma kesusilaan bersumber dari suara hati nurani manusia, Kids.

Bagaimana contoh norma kesusilaan? ›

Berikut adalah beberapa contoh norma kesusilaan. Menghargai dan menghormati sesama manusia. Jujur dalam perkataan dan perbuatan. Tidak merampas hak orang lain.

Bagaimana sanksi terhadap pelanggaran norma hukum berikan contohnya? ›

Sanksi norma hukum berupa denda, penjara, hukuman mati, dan hukuman sosial. Contoh norma hukum adalah menaati peraturan lalu lintas. Pengendara yang ngebut dan melalui lampu merah dapat dihukum dan terkena sanksi yang berlaku. Norma hukum harus dijunjung tinggi supaya tercipta lingkungan yang aman dan damai.

Apa sanksi terhadap pelanggaran norma tersebut? ›

Contoh sanksi pelanggaran norma hukum antara lain hukuman penjara, hukuman seumur hidup bahkan hukuman mati atau hukuman lainnya yang berlaku sesuai dengan undang-undang .

Apa sanksi bagi orang yang melanggar norma kesusilaan? ›

Mereka yang melanggar norma kesusilaan hendak memperoleh sanksi yang bertabiat orang, ialah dikucilkan dari warga, rasa malu, penyesalan batin.

Apa saja sanksi agama? ›

Sanksi norma agama yaitu akan mendapatkan dosa dan akan dimasukkan ke dalam neraka oleh Tuhan karena telah melanggar perintahnya. Sanksi norma kesusilaan yaitu rasa menyesal bagi yang melanggar dan dikucilkan oleh masyarakat.

Videos

1. Norma Kesusilaan dan Norma Kesopanan
(ary civic)
2. Contoh Pelanggaran Norma Kesopanan
(Ivhan Ohorella)
3. Norma Hukum Norma Agama Norma Kesusilaan Norma Kesopanan
(Amenk alfariza)
4. Arti Norma,Sanksi/Hukuman jika melanggar Norma, Contoh Norma yang ada di Indonesia & Fungsi Norma.
(Najwa Khalisa)
5. PPKN bab 2 | Pengertian, Sumber, Sanksi Norma Agama dan Hukum
(Aisya azalia)
6. contoh norma kesopanan
(Ridwan rokan)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Lakeisha Bayer VM

Last Updated: 02/10/2023

Views: 6447

Rating: 4.9 / 5 (49 voted)

Reviews: 80% of readers found this page helpful

Author information

Name: Lakeisha Bayer VM

Birthday: 1997-10-17

Address: Suite 835 34136 Adrian Mountains, Floydton, UT 81036

Phone: +3571527672278

Job: Manufacturing Agent

Hobby: Skimboarding, Photography, Roller skating, Knife making, Paintball, Embroidery, Gunsmithing

Introduction: My name is Lakeisha Bayer VM, I am a brainy, kind, enchanting, healthy, lovely, clean, witty person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.